Sabtu, 18 Oktober 2014

Menurut Saya Andai Aku Jadi Menteri Koperasi



Merujuk pada judul artikel ini, “Andai Aku Jadi Menteri Koperasi”. Menurut harapan jawaban saya  yang tepat dan tujuan akurat saya jika terpilih yaitu :
1.  membuat Koperasi lebih baik lagi dari sebelumnya.
2. menjadikan koperasi terkenal dikalangan masyarakat sekitar seperti SD, SMP, SMA, Mahasiswa dll.
3. membuat koperasi terus didirikan agar tidak punah.
4. menjadikan koperasi terus berkembang dikalangan masyarakat indonesia maupun dunia.
5. membina koperasi terus maju terus agar tidak pernah berhenti.
6. menjadikan koperasi profesional.
7. menjadikan koperasi agar tetap hidup supaya agar tidak mati.
8. menciptakan koperasi yang nyaman.
9. menciptakan koperasi agar menarik supaya masyarakat sekitar mau datang.
10. memberikan koperasi suasana baru dan hiburan agar kalangan masyarakat tidak bosan.
11. menyediakan lapangan kerja bagi karyawan untuk mengurus koperasi.
Saya akan menjelaskan pengertian koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Dari pengertian tersebut kita dapat mengetahui apa yang menjadi tujuan utama koperasi. Koperasi didirikan dengan tujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan koperasi.
Saya akan menceritakan sejarah asal-usulnya dahulunya terbentuknya koperasi tersebut yaitu Badan usaha yang pertama kali dipelopori oleh Drs. Moehammad Hatta ini, tumbuh atau berasal dari kalangan rakyat. Hal ini disebabkan oleh penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. dengan berjalannya waktu sampailah pada tahun 1908, dimana Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Sutomo memberikan peranan bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Kemudian pada tahun 1927 dibentuklah Serikat Dagang Islam, yang bertujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha-pengusaha pribumi dan pada tahun 1929, berdiri Partai Nasional Indonesia yang memperjuangkan penyebarluasan semangat koperasi. Namun, pada tahun 1933 keluar UU yang serupa dengan UU no. 431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya. Pada tahun 1942 saat jepang menduduki Indonesia, jepang mendirikan koperasi kumiyai. Awalnya koperasi ini berjalan mulus. Namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan, dan menyengsarakan rakyat Indonesia Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongers Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. kemudian hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.
Sedikit sejarah mengenai koperasi di Indonesia. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya tujuan koperasi adalah untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan koperasi.
Sumber :

Nama          : Nita Priyani
Kelas : 2EA03
Npm  : 16213475

Tidak ada komentar:

Posting Komentar