A. Sistem akademik awal pendaftaran
universitas gunadarma
1.
Registrasi
Syarat untuk registrasi adalah Anda
harus memiliki email. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur
Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id. Silakan
mengisi form registrasi Anda pada halaman Register. Setelah mengisi data pada
halaman register, Anda akan mendapatkan konfirmasi dan register melalui email
Anda.
2.
Pembayaran
Setelah proses registrasi dan
mendapatkan nomor register, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran
melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama
Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor register Anda. Setelah
melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui
email/Nomor HP Anda. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran
melalui email, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan
melalui fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi
Panitia, di Telpon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00,
Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
3.
Melengkapi Data Isian
Setelah mendapatkan konfirmasi
Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Formulir dan selanjutnya Anda wajib
kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id untuk melengkapi Data
Isian Mahasiswa Baru dan Anda dapat menentukan lokasi Ujian Masuk UG yang
dipilih.
4.
Ujian Masuk
Setelah Anda melengkapi Data Isian dan
menentukan lokasi Ujian Masuk UG, maka Anda akan mendapatkan jadwal sesuai
dengan lokasi ujian pilihan Anda.
5.
Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil Seleksi Jalur Reguler akan
diumumkan melalui email/sms/diambil di counter pendaftaran ataupun dilihat http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/pada
waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB, setelah Anda melakukan Ujian Masuk yang
telah di jadwalkan. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang dipilih,
jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran
6.
Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon
mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan membayar
Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
di counter pendaftaran setelah menghubungi Panitia
7.
Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan
Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda
diwajibkan melakukan daftar ulang di
counter pendaftaran.
8.
Program Pengenalan Sistem Pendidikan
Perguruan Tinggi (PPSPPT)
PPSPPT merupakan Program Pengenalan
Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal
pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh
Panitia.
9. Kuliah
perdana
Kuliah perdana dimana kuliah ini
mengetahui atau memperkenalkan dosen, sistem belajar, sistem penilaian dan
lingkungan gunadarma. Supaya kita tahu gimana cara untuk mengadapi sistem
belajarnya dan tidak bingung untuk kedepannya. Kuliah perdana ini di lakukan di
universitas gunadarma depok. Sangatlah bermaanfat kuliah perdana ini kita bisa
mengetahui proses pembelajaran kedepannya.
B.
Sistem akademik KRS (kartu rencana studi) universitas gunadarma
Pengertian Kartu Rencana Studi
(KRS)
Kartu Rencana Studi atau lebih dikenal
dengan KRS adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh
setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa (NPM,
Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester dan Tahun Akademik yang
diikuti), Kode Mata Kuliah, Mata Kuliah, SKS dan Kelas yang diikuti. KRS
berlaku/sah, jika ada pas foto mahasiswa yang bersangkutan dan cap Universitas.
KRS merupakan bukti seorang
mahasiswa aktif pada semester yang bersangkutan dan berfungsi sebagai Kartu
Peserta Ujian (KRS wajib dibawa setiap kali mengikuti ujian). Pengisian
KRS dilakukan oleh setiap mahasiswa secara langsung di PSMA-Online pada setiap
awal semester. PSMA-Online ada dikampus Kelapa Dua dan Kampus Kali
Malang.
Persyaratan Pengisian KRS
Sebelum mengisi KRS, ada beberapa
persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa yaitu :
1. Berpakaian
rapi dan bersepatu
2. Membawa
lembar FRS yang sudah diisi
3. Membawa
foto hitam putih ukuran 3 x 4 terbaru (bukan bekas)
4. Membawa
blanko pembayaran warna merah yang telah dibayarkan. Bagi yang belum membayar
uang kuliah atau blanko tertinggal dapat menggunakan KTM atau KRS yang lama,
tetapi KRS belum dapat diambil
5. Pengambilan
KRS bagi mahasiwa yang tidak memenuhi syarat 3,4 dapat dilakukan pada hari
berikutnya dari pukul 9.00 WWIB sd. 15.00 WWIB dengan membawa syarat yang belum
dipenuhi selama pengisian KRS berlangsung diruang yang telah ditentukan.
Ingat dan minta beberapa teman akrab
untuk mengingatkan kapan terakhir membayar blangko smester, dan tanggal
terakhir mengisi KRS (Kartu Rencana Studi).
Hal ini
sangatlah PENTING dan fatal bila kalian lupa, karena sangsinya terkena cuti 1
smester (6 bulan) dan kalo sudah begitu, kalian akan kehilangan teman"
sekelas, karna ketika masuk lagi kalian akan masuk ke kelas yg berbeda dengan
teman" kalian sebelumnya, karena kalian masuk ke kelas Bawah / adik kelas
kalian. Ini asli pengalaman pribadi, saya sendiri kena cuti gara-gara telat
ngisi KRS. Tidak enak lho musti beradaptasi lagi dengan orang-orang baru, jadi
jangan sampai lupa ya
A. Sistem akademik penilaian mahasiswa universitas
gunadarma
Kegiatan dan
kemajuan belajar mahasiswa dinilai secara berkala. Bentuk penilaian dapat
berupa ujian, tugas, dan pengamatan oleh dosen. Jadi, selain memperhatikan
hasil ujian, penilaian keberhasilan belajar mahasiswa dapat juga didasarkan
atas penilaian pelaksanaan tugas serta keikutsertaan dalam seminar, penulisan
makalah, praktikum, pembuatan laporan, pembuatan rancangan atau tugas lain
serta hasil pengamatan.
Ujian dapat
diselenggarakan melalui ujian semester, ujian akhir program studi, ujian
skripsi, ujian tesis, dan ujian disertasi. Untuk bidang – bidang tertentu
penilaian hasil belajar program sarjana dapat dilaksanakan tanpa ujian skripsi.
Penilaian hasil belajar dinyatakan dengan huruf A,B,C,D, dan E yang secra
berturut – turut bernilai 4,3,2,1, dan 0. Pelaksanaan ketentuan ujian diatur
oleh senat masing – masing perguruan tinggi.
Ujian akhir program studi suatu program
sarjana dapat terdiri atas ujian komprehensif atau ujian karya tulis, atau
ujian skripsi
Ada penilaian UTS (ujian tengah
semester) & UAS (ujian akhir semester)
Kalian harus ingat dan
“camkan” lagi informasi ini, UTS atau Ujian Tengah Semester mengambil porsi
60-70% penilaian matakuliah kalian, dan UAS mengambil porsi 25-30% dari
penailaian matakuliah kalian, artinya apa? Ketika kalian tidak dapat hadir atau
nilai kalian hancur di UTS, maka kemungkinan kalian akan gagal dimatakuliah
tersebut adalah 90%, sedangkan kalau kalian tidak hadir di UAS tidak akan
terlalu masalah, jadi Waspadalah... Metode penilaian dosen biasanya adalah :
ketika kalian nilainya jelek di UTS, maka dosen akan melihat nilai tugas
kalian, dan kalau masih kurang mereka akan melihat jumlah absensi kalian, dan
disitulah dia akan mengambil penilaian, berapa yang “pantas” untuk kalian.
Tetapi jika kalian gagal di UAS, yah tinggal susulan aja. Jadi ketika kalian
merasa gagal di UTS, maka mulailah “mengemis” pada dosen untuk diberi tugas,
karena merekalah yang memegang kendali nilai.
Kelebihan
, kekurangan dan kesimpulan sistem akademik dari awal pendaftaran, krs,
penilaian
Kelebihan
Ingin
cepat selesai atau lulus
Harus
mengisi krs
Semangat
dalam belajar untuk mendapatkan nilai bagus
Kekurangan
Tergantung
mahasiswanya
Jika
tidak mengisi krs maka dianggap cuti selama 6 bulan
Jika
tidak semangat dalam belajar automatis dia akan mengulang
Kesimpulan
Janganlah
bermalesmalesan untuk mendapatkan ilmu apalagi dipeguruan tinggi swasta selain
harus bayar semester yang kita tahu tidaklah sedikit untuk membayarnya
Jadikanlah
usahausaha orangtua kita yang susah payah mencari biaya untuk kita mendapatkan
ilmu
Dengan
cara kita belajar cepet lulus dan
Mendapatkan
pekerjaan yang lebih baik dari orangtua kita
Setelah
itu membahagiakan orang tua kita
sumber: http://jamillagilagi.blogspot.com/2014_01_01_archive.html
kak pas sebelum cutinya udah sempet uts gak?
BalasHapus