Sabtu, 05 April 2014

SISTEM AKADEMIK DARI AWAL PENDAFTARAN, KRS, PENILAIAN, DAN FLOWCHART UNIVERSITAS GUNADARMA



A.    Sistem akademik awal pendaftaran universitas gunadarma
1.      Registrasi
Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id. Silakan mengisi form registrasi Anda pada halaman Register. Setelah mengisi data pada halaman register, Anda akan mendapatkan konfirmasi dan register melalui email Anda.
2.      Pembayaran
Setelah proses registrasi dan mendapatkan nomor register, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor register Anda. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui email/Nomor HP Anda. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran melalui email, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi Panitia, di Telpon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00, Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
3.      Melengkapi Data Isian
Setelah mendapatkan konfirmasi Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Formulir dan selanjutnya Anda wajib kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id untuk melengkapi Data Isian Mahasiswa Baru dan Anda dapat menentukan lokasi Ujian Masuk UG yang dipilih.
4.      Ujian Masuk
Setelah Anda melengkapi Data Isian dan menentukan lokasi Ujian Masuk UG, maka Anda akan mendapatkan jadwal sesuai dengan lokasi ujian pilihan Anda.
5.      Pengumuman Hasil Seleksi 
Hasil Seleksi Jalur Reguler akan diumumkan melalui email/sms/diambil di counter pendaftaran ataupun dilihat http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB, setelah Anda melakukan Ujian Masuk yang telah di jadwalkan. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang dipilih, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran
6.      Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan 
Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan membayar
Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan di counter pendaftaran setelah menghubungi Panitia
7.      Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda 
diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.
8.      Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT) 
PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal
pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.
9.      Kuliah perdana
Kuliah perdana dimana kuliah ini mengetahui atau memperkenalkan dosen, sistem belajar, sistem penilaian dan lingkungan gunadarma. Supaya kita tahu gimana cara untuk mengadapi sistem belajarnya dan tidak bingung untuk kedepannya. Kuliah perdana ini di lakukan di universitas gunadarma depok. Sangatlah bermaanfat kuliah perdana ini kita bisa mengetahui proses pembelajaran kedepannya.
B.     Sistem akademik KRS (kartu rencana studi) universitas gunadarma
Pengertian  Kartu Rencana Studi (KRS)
Kartu Rencana Studi atau lebih dikenal dengan KRS adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa (NPM, Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester dan Tahun Akademik yang diikuti), Kode Mata Kuliah, Mata Kuliah, SKS dan Kelas yang diikuti. KRS berlaku/sah, jika ada pas foto mahasiswa yang bersangkutan dan cap Universitas.
KRS merupakan bukti seorang  mahasiswa aktif pada semester yang bersangkutan dan berfungsi sebagai Kartu Peserta Ujian (KRS wajib dibawa setiap kali mengikuti ujian).  Pengisian KRS dilakukan oleh setiap mahasiswa secara langsung di PSMA-Online pada setiap awal semester.  PSMA-Online ada dikampus Kelapa Dua dan Kampus Kali Malang.
Persyaratan Pengisian KRS
Sebelum mengisi KRS, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa yaitu :
1.      Berpakaian rapi dan bersepatu
2.      Membawa lembar FRS yang sudah diisi
3.      Membawa foto hitam putih ukuran 3 x 4 terbaru (bukan bekas)
4.      Membawa blanko pembayaran warna merah yang telah dibayarkan. Bagi yang belum membayar uang kuliah atau blanko tertinggal dapat menggunakan KTM atau KRS yang lama, tetapi KRS belum dapat diambil
5.      Pengambilan KRS bagi mahasiwa yang tidak memenuhi syarat 3,4 dapat dilakukan pada hari berikutnya dari pukul 9.00 WWIB sd. 15.00 WWIB dengan membawa syarat yang belum dipenuhi selama pengisian KRS berlangsung diruang yang telah ditentukan.
Ingat dan minta beberapa teman akrab untuk mengingatkan kapan terakhir membayar blangko smester, dan tanggal terakhir mengisi KRS (Kartu Rencana Studi).
Hal ini sangatlah PENTING dan fatal bila kalian lupa, karena sangsinya terkena cuti 1 smester (6 bulan) dan kalo sudah begitu, kalian akan kehilangan teman" sekelas, karna ketika masuk lagi kalian akan masuk ke kelas yg berbeda dengan teman" kalian sebelumnya, karena kalian masuk ke kelas Bawah / adik kelas kalian. Ini asli pengalaman pribadi, saya sendiri kena cuti gara-gara telat ngisi KRS. Tidak enak lho musti beradaptasi lagi dengan orang-orang baru, jadi jangan sampai lupa ya
 A.    Sistem akademik penilaian mahasiswa universitas gunadarma
     Kegiatan dan kemajuan belajar mahasiswa dinilai secara berkala. Bentuk penilaian dapat berupa ujian, tugas, dan pengamatan oleh dosen. Jadi, selain memperhatikan hasil ujian, penilaian keberhasilan belajar mahasiswa dapat juga didasarkan atas penilaian pelaksanaan tugas serta keikutsertaan dalam seminar, penulisan makalah, praktikum, pembuatan laporan, pembuatan rancangan atau tugas lain serta hasil pengamatan.
    Ujian dapat diselenggarakan melalui ujian semester, ujian akhir program studi, ujian skripsi, ujian tesis, dan ujian disertasi. Untuk bidang – bidang tertentu penilaian hasil belajar program sarjana dapat dilaksanakan tanpa ujian skripsi. Penilaian hasil belajar dinyatakan dengan huruf A,B,C,D, dan E yang secra berturut – turut bernilai 4,3,2,1, dan 0. Pelaksanaan ketentuan ujian diatur oleh senat masing – masing perguruan tinggi.
Ujian akhir program studi suatu program sarjana dapat terdiri atas ujian komprehensif atau ujian karya tulis, atau ujian skripsi
Ada penilaian UTS (ujian tengah semester) & UAS (ujian akhir semester)
    
   Kalian harus ingat dan “camkan” lagi informasi ini, UTS atau Ujian Tengah Semester mengambil porsi 60-70% penilaian matakuliah kalian, dan UAS mengambil porsi 25-30% dari penailaian matakuliah kalian, artinya apa? Ketika kalian tidak dapat hadir atau nilai kalian hancur di UTS, maka kemungkinan kalian akan gagal dimatakuliah tersebut adalah 90%, sedangkan kalau kalian tidak hadir di UAS tidak akan terlalu masalah, jadi Waspadalah... Metode penilaian dosen biasanya adalah : ketika kalian nilainya jelek di UTS, maka dosen akan melihat nilai tugas kalian, dan kalau masih kurang mereka akan melihat jumlah absensi kalian, dan disitulah dia akan mengambil penilaian, berapa yang “pantas” untuk kalian. Tetapi jika kalian gagal di UAS, yah tinggal susulan aja. Jadi ketika kalian merasa gagal di UTS, maka mulailah “mengemis” pada dosen untuk diberi tugas, karena merekalah yang memegang kendali nilai.
Kelebihan , kekurangan dan kesimpulan sistem akademik dari awal pendaftaran, krs, penilaian
Kelebihan
      Ingin cepat selesai atau lulus
      Harus mengisi krs
      Semangat dalam belajar untuk mendapatkan nilai bagus
Kekurangan
      Tergantung mahasiswanya
      Jika tidak mengisi krs maka dianggap cuti selama 6 bulan
      Jika tidak semangat dalam belajar automatis dia akan mengulang
Kesimpulan
      Janganlah bermalesmalesan untuk mendapatkan ilmu apalagi dipeguruan tinggi swasta selain harus bayar semester yang kita tahu tidaklah sedikit untuk membayarnya
      Jadikanlah usahausaha orangtua kita yang susah payah mencari biaya untuk kita mendapatkan ilmu
      Dengan cara kita belajar cepet lulus dan
      Mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari orangtua kita
      Setelah itu membahagiakan orang tua kita
sumber: http://jamillagilagi.blogspot.com/2014_01_01_archive.html

1 komentar: